TEORI MENGHINDARI KENDALA DALAM PERCAKAPAN.
Level individu dalam dimensi budaya.
Dalam interaksi sosial sehari-hari, setiap orang memiliki berbagai tujuan sosial (misalnya, dalam mencari teman , mencari bantuan, mencari informasi, mengungkapkan informasi). Untuk mencapai tujuan ini, orang harus memiliki kompetensi-yang srategis pengetahuan luas yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka. Dalam teori yang dikemukakan oleh M.kim (1993) bahwa gagasan tentang kendala dalam percakapan yang merujuk pada pilihan taktik komunikasi dan penilaian umum kompetensi komunikasi. Prioritas yang berbeda yang diberikan kepada kendala akan menimbulkan pendekatan yang berbeda untuk tujuan-tujuan interaksi, dan akhirnya secara keseluruhan tayangan dari antar kompetensi strategis. Berfokus pada percakapan berbasis budaya kendala, M.kim (1993) diuraikan perspektif teoretis untuk memahami dan memperkirakan perbedaan pilihan strategi percakapan yang dilakukan oleh anggota kelompok-kelompok budaya yang berbeda, secara khusus, dua kendala (wajah kepedulian dan kejelasan) yang secara teoritis dan penting terkait dengan dimensi budaya, yakni individual dan kelompok orientasi. Gagasan penting adalah bahwa membangun kelompok dan diri pribadi secara sistematis banyak mempengaruhi, seperti wajah yang memiliki arti penting yakni dukungan dan kejelasan strategi dalam percakapan. Kendala percakapan tersebut, sebagai strategi penggerak pilihan, pada bagiannya, berpengaruh pada pilihan strategi dan penilaian kompetensi lintas budaya.
Model percakapan yang dikemukakan M.kim sebelum ini yaitu percakapan kendala telah terbukti bermanfaat dan telah menerima dukungan empiris. Sebagai contoh, ditemukan bahwa ada perbedaan budaya lintas sistematika dalam pentingnya aturan paksaan ini (m.kim, 1994) dan juga dalam menengahi dan peringkat permintaan pemesanan taktik sepanjang kendala ini dimensi (kim dan wilson, 1994 ). Kerangka teori sebelumnya, namun hanya melibatkan tingkat budaya, namun ini, faktor-faktor yang memimpin orang-orang dalam satu kebudayaan untuk dikomunikasikan sama atau berbeda dari orang-orang dalam budaya lain. Model difokuskan hanya pada bagaimana budaya mempengaruhi perilaku individu. Bagaimana-pernah, teori yang solid komunikasi antar budaya harus didasarkan pada budaya yang berlaku, maka harus didukung oleh tingkat individu maupun data tingkat kebudayaan (Leung, 1989). pendekatan tingkat individu telah menerima perhatian yang sangat sedikit dalam komunikasi antar budaya Baru saja penggunaan luas dimensi kebudayaan yang sangat berfariasi telah dikupas oleh banyak penulis karena kurangnya daya penjelas. Ketika dimensi luas seperti individual melawan kelompok atau tinggi rendah dipanggil konteks untuk menjelaskan perbedaan budaya, bagaimana atau mengapa terjadi perbedaan-perbedaan ini. Penggunaan budaya sebagai penjelasan perbedaan tidak sedikit untuk membantu kita memahami penyebab perilaku berlawanan secara lengkap pengaruh budaya pada perilaku komunikasi, perlu adanya campur tangan untuk menemukan variabel yang cocok untuk memahami apa itu budaya , apa saja perbedaan budaya. Tentu saja, pembagian dunia untuk perseorangan dan kelompok budaya adalah penyederhanaan dari yang luas dan layak yang lebih sistematis dan rinci (Schwartz).
Dalam penelitian komunikasi antar budaya, mungkin ada bias untuk memilih menggunakan "budaya" sebagai satu-satunya variabel penjelas. Kebanyakan penelitian cenderung memilih pendekatan tingkat individu dan fokus pada tingkat Cultur. Masalahnya berasal dari fakta bahwa para peneliti bergantung pada perbedaan budaya perbedaan tingkat individu masyarakat yang diteliti. Penggunaan variabel mediasi memiliki keunggulan mengurangi kemungkinan bias sebagai penjelasan untuk pola penyelaras perbedaan budaya. Mempelajari pola komunikasi antar budaya melalui analisis tingkat individu. Banyak pendekatan teori dalam komunikasi antar budaya di beberapa titik meminta proses tingkat individu (misalnya, konsep diri, identitas) sebagai penjelasan tentang perbedaan budaya (lihat colier & thomas, 1988; cronen, Pearce, & Tomm, 1985). Namun, ada kurangnya bukti empiris yang sangat menyolok kira-kira sebuah spesifics sistem diri orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda.
Penggunaan budaya sebagai variabel penjelas perbedaan budaya, orang mungkin mengklaim bahwa pendekatan tingkat individu paling cocok untuk psikologisnya daripada fenomena budaya. Namun, banyak pendekatan teori dalam komunikasi antar budaya di tingkat individu beberapa faktor, seperti konsep diri dan wajahnya. Sebuah teori yang berlaku universal harus perhatian sendiri dengan tingkat individu maupun isu tingkat budaya. Konvergensi antara individu dan tingkat budaya penjelasan akan mendukung universalitas teori. Bab ini mengintegrasikan analises tingkat individu (memilih fokusing pada faktor-faktor yang memotivasi kita untuk berkomunikasi dan mempengaruhi cara kita menciptakan dan menafsirkan pesan), didasarkan pada asumsi bahwa budaya dan tingkat individu saling terkait. Untuk meringkas, tujuan bab ini adalah untuk memberikan kerangka teoretis untuk menerangi hubungan antara variabel-variabel budaya tingkat individu (beberapa elemen struktur diri) ke convercational pentingnya precieved kendala, yang mengarahkan motif atau kriteria untuk memilih strategi percakapan. Kemampuan untuk menangani tingkat individu variabel dimensi budaya harus lebah alat yang berguna dalam menentukan apakah perbedaan budaya estabilished sebelumnya cocok dengan perbedaan tingkat individu terkait.
Tiga unsur berikut merupakan struktur diri, yang merupakan variabel tingkat individu, dipilih: (a) dua dimensi konsep diri, yaitu, mandiri dan independen construals diri dijelaskan oleh markus dan kitayama (1991); (b) membutuhkan persetujuan dan kebutuhan dominasi, dan (c) psycological gender, thats adalah, maskulinitas dan feminitas. Variabel tingkat individu ini telah sesuai perbedaan budaya dalam komunikasi. Prediksi harus Theoritical ize umum di seluruh jenis interaksi (antar-budaya dan antar percakapan). Curent teori yang dapat diterapkan untuk berbagai tujuan primer (kritik, permintaan maaf, penolakan mencari informasi, memunculkan janji-janji). Selain itu, teori ini dapat diuji dengan berbagai tujuan primer (kritik, permintaan maaf penolakan, mencari informasi, elicityng janji-janji). Selain itu, teori ini dapat diuji dengan beragam populasi dari berbeda latar belakang linguistik dan sosiokultural. Sisanya bagian capter ini disusun sebagai berikut: pertama, constrainsts percakapan trhee diperkenalkan. Selanjutnya, beberapa variabel yang berkaitan dengan mediasi dan sistem diri individu yang terkait dengan arti-penting yang dirasakan percakapan kendala. Proposisi teoretis tertentu berasal dari diskusi ini. Akhirnya, implikasi teoretis dan arah masa depan dan arah masa depan untuk penelitian yang dibahas.
Percakapan Kendala
Percakapan adalah tipe yang dipandang sebagai tujuan yang memerlukan tindakan diarahkan dengan orang lain. Tujuan interaksi diklasifikasikan dalam dua tipe: (a) global atau lintas situasional golas dan (b) situasi tujuan spesifik. Berlawanan dengan tujuan situasional situasi dibedakan dari tujuan-tujuan spesifik dalam bahwa mantan adalah operasi selama hampir semua pertemuan sosial.
Keprihatinan untuk kejelasan
kejelasan yang diterapkan pada percakapan perilaku, adalah kemungkinan suatu ucapan membuat satu contoh yang jelas dan eksplisit. Yaitu, perhatian untuk mengendalikan kejelasan sejauh mana maksud dari pesan secara eksplisit dan jelas dikomunikasikan kepada pendengar. Apllied untuk percakapan perilaku, kendala (atau preferensi) untuk kejelasan karena itu adalah kekhawatiran untuk mencapai dan keluar datang dalam cara yang mungkin langsung. Karena dengan adanya kejelasan terhadap percakapan yang dilakukan untuk mengantisipasi keprihatinan tersebut ketika kita berkomunikasi dengan lawan bicara kita harus bisa memberi kejelasan terhadap semua perkataan yang kita ingin sampaikan kepada orang tersebut dan harus dijelaskan apa maksud dari perkataannya tersebut.
Keprihatinan untuk menghindari terlukanya perasaan pendengar.
Pada saat merencanakan untuk mencapai tujuan-tujuan interaksi, orang mungkin juga memperhitungkan bagaimana tindakan yang diproyeksikan dapat mempengaruhi perasaan si pendengar. "Perhatian terhadap perasaan orang lain" berkaitan dengan speaker dianggap kewajiban untuk mendukung persetujuan pendengar mencari atau si pendengar citra diri positif. Sebagai seorang komunikator yang handal kita juga bisa mengetahui perkataan yang dapat menyinggung bahkan melukai perasaan pendengar kita dangan cara tersebut kejadian terlukanya perasaan pendengar akan sedikit berkurang.
Perhatian untuk meminimalkan kesalahan percakapan
Perbedaan ini berkenaan dengan sejauh mana menghindari memaksakan suatu ucapan pada pendengar atau mengganggu si pendengar kebebasan bertindak. Tindakan komunikasi dapat mengancam si pendengar wajah negatif sejauh itu menimpa dirinya atau hak untuk otonomi. Jenis ini telah kekhawatiran dimaksud dalam therms lebih abstrak, seperti "kesopanan negatif" “sopan" yang menghindari membuat pemaksaan pada orang lain. Etika kesopanan dalam percakapan juga harus kita gunakan dalam berkomunikasi baik komunikasi dengan orang yang satu budaya dengan kita maupun antar budaya, untuk kesopanan tersebut kita harus mengetahui tata krama atau etika dari orang lawan bicara kita tersebut. Namun sebelumnya kita harus mengetahui etika lawan bicara kita, dan jika kita tidak mengetahui maka kita harus banyak menggunakan bahasa yang tidak menyinggung perasaan lawan bicara kita tersebut.
Kemampuan diri dalam kebudayaan yang berbeda
Pengertian tentang "perorangan" dan "kelompok" telah untuk digunakan untuk menjelaskan gaya diffrences dalam komunikasi antara budaya. Kesimpulan umum adalah bahwa anggota yang langsung budaya colectivistic gaya komunikasi. Meskipun popularitas individualisme dan kolektivisme dimensi budaya yang besar, mereka tidak psycological validitas establised baik. Baru-baru ini, markus dan kitayama digambarkan dua jenis construals diri (independen dan saling tergantung) dan berpendapat untuk pengaruh sistematis ini berbeda-beda ini konsep diri pada kognisi, emosi dan motivasi. Kemampuan tiap-tiap individu antara satu dengan yang lainnya tidak sama, yang mana kemampuan tiap individu yang dalam budayanya sendiri dia sudah mampu berkomunikasi dengan baik akan tetapi ketika dia berkomunikasi dengan individu yang berbeda budaya orang tersebut belum tentu dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat menimbulkan interaksi antara keduanya.
Kepercayaan diri
kepercayaan terhadap diri sendiri menempatkan prioritas yang lebih tinggi pada upaya mempertahankan dan menegaskan kebutuhan dan tujuan individu. Ini adalah tanggapan untuk "mengatakan apa yang ada di dia atau pikiran" jika ia berharap yang akan dihadiri atau dipahami (Markus & Kitayama, 1991). Untuk alasan yang berorientasi ke arah diri construal independen, nada umum interaksi sosial mungkin lebih peduli dengan menjadi langsung, jelas, jelas dan ringkas dalam pemilihan taktik verbal. Oleh karena itu, construal diri independen dapat secara sistematis peningkatan pentingnya kejelasan perhatian dalam membimbing pilihan strategi percakapan. Kita harus meningkatkan kepercayaan diri pada diri sendiri agar semua yang kita katakan tanpa adanya rasa keraguan dan lawan bicara kitapun bisa percaya tentang apa yang kita bicarakan itu benar adanya.
Kemampuan mengubah tingkah laku
Kita tidak perlu mengandaikan pengembangan salah satu diri dengan mengesampingkan yang lain. Keadaan, seperti memiliki orangtua dari budaya yang berbeda, atau antar pengalaman, dapat berkontribusi pada pengembangan baik swasta dan diri kolektif. Perubahan tingkah laku disini yang mana penyesuaian diri kita terhadap budaya yang ada dilingkungan baru kita agar kita bisa hidup berdampingan dengan budaya lain tersebut. Bhawuk dan Brislin (1992) menemukan bahwa salah satu ukuran kepekaan budaya adalah kemampuan individu untuk mengubah tingkah lakunya sesuai dengan konteks budaya kolektif atau individualis. Kemampuan untuk beralih antara modus kelompok dan individu menunjukkan keberadaan dua dikembangkan dengan baik konsep diri di antara beberapa individu. Intinya harus dibuat adalah bahwa beberapa orang mungkin memiliki dua berkembang dengan baik.
Sudut pandang gender
Kesadaran dan kepekaan terhadap orang lain yang digambarkan sebagai fitur penting psikologi perempuan. Kesediaan dan kemampuan untuk perawatan standar evaluasi diri bagi banyak wanita. Dengan penggambaran perempuan konsep-diri dalam banyak hal mirip dengan karakteristik budaya feminin, budaya feminin antarpribadi menekankan kerjasama, simpati ruang lingkup yang ramah untuk yang lemah; Sebaliknya, budaya maskulin menekankan pencapaian , pengakuan, dan tantangan. Feminitas budaya termasuk tinggi di Swedia, Norwegia, dan Belanda; budaya maskulinitas tinggi termasuk Jepang, Austria dan Venezuela. Leung, Bond, Carment, Kirshnan, dan Liebrand (1990) menemukan bahwa kawula Belanda (feminin budaya) lebih suka meningkatkan harmoni-prosedur lebih, dan konfrontatif prosedur kurang, daripada subjek Kanada (maskulin budaya). Jenis kelamin individu memiliki citra diri mereka sendiri mempengaruhi cara mereka berkomunikasi dengan yang lain, dan konsep diri atau keperempuanan mempengaruhi bagaimana mereka melihat diri mereka sebagai komunikator yang baik dan mampu mempengaruhi lawan bicara kita tersebut sehingga hubungan timbal balik yang diinginkan terlaksana. Ciri-ciri maskulinitas dan feminitas, sementara bukan sebagai hal untuk menilai jenis kelamin fisik (laki-laki atau perempuan), mungkin nilai yang lebih besar untuk komunikasi.
Miskomunikasi antara laki-laki dan perempuan telah ditafsirkan dalam beberapa cara, terutama sebagai pembenaran oleh pola sosialisasi yang berbeda budaya dan gender. Pendekatan lintas budaya untuk percakapan lintas-gender, di mana laki-laki dan perempuan, anak laki-laki dan anak perempuan, keduanya dapat dilihat untuk menyelesaikan dan menampilkan kesamaan dalam percakapan, tetapi dari perspektif budaya yang berbeda.Klaim umum adalah bahwa pria dan wanita pidato pidato tampaknya memiliki isi yang berbeda dan untuk melayani berbagai tujuan. Laki-laki pidato ini dicirikan sebagai persaingan berorientasi atau bertentangan. Di sisi lain, pidato perempuan dicirikan sebagai kolaborasi berorientasi atau afiliatif, yang mana kaum perempuan lebih banyak toleransi terhadap semua tindakannya dan masih banyak adanya simpati terhadap lawan bicaranya. Sementara itu kaum laki-laki mempunyai sikap yang berlawanan arah dari pada perempuan biasanya mereka mempunyai ciri khas yakni lebih menyukai banyak tantangan dengan hasil yang maksimal.
Jadi fokus pada hubungan perempuan berfungsi untuk meningkatkan komunikasi dan merespons kebutuhan dan perasaan orang lain, mendapatkan satu cara sendiri serta menarik bagi aturan mementingkan diri sendiri. Jika benar bahwa stereotip laki-laki (yakni, orientasi budaya maskulin) menggunakan bahasa "untuk menegaskan posisi dominasi", sedangkan wanita (yaitu, orientasi budaya feminin) menggunakan bahasa untuk menciptakan dan memelihara hubungan kedekatan, maka ini juga harus tercermin dalam diri pribadi untuk menghindari kendala dalam percakapan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar