Pages

Berisi tentang seluruh kegiatan kuliahku dan seluruh tugas yang aku kerjakan selama dibangku perkuliahan.

On Sabtu, 02 Mei 2009 1 komentar

TUGAS UTS

MATAKULIAH METODE PENELITIAN KUALITATIF

“EFEKTIFITAS PEMASANGAN IKLAN POLITIK LUAR RUANGAN”

Dosen: Nikmah Suryandari,S.Sos.,M.Si

UNIJOYO.bmp

Oleh: Arif Mustofa

NIM: 070131100006

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU BUDAYA

UNIVERSITAS TRUNOJOYO

2009


BAB I

PENDAHULUAN

1.Latar Belakang

Kebetulan saya seorang mahasiswa ilmu komunikasi dan terbiasa mengamati berbagai fenomena komunikasi. Iklan-iklan politik luar ruang itu pada akhirnya juga menarik minat saya. Lalu tercetuslah ide itu untuk melakukan penelitian tentang “EFEKTIFITAS IKLAN POLITIK LUAR RUANG” dikabupaten bojonegoro.

Iklan merupakan sebuah tindakan mentransfer informasi. Secara fungsional, transfer informasi itu diharapkan agar orang lain (publik) mengetahui pesan atau makna informasi tersebut. Hanya, tindakan berkomunikasi bersifat dua arah Artinya, orang lain tidak serta merta dianggap kambing congek yang mudah diarahkan dengan makna informasi yang dibingkai dalam iklan tersebut. Proses transfer informasi lazimnya melalui beberapa tahap, sebelum pesan informasi itu diikuti penerima informasi (pemilih). Iklan sebagai pembawa informasi, pertama harus dilihat atau didengar atau keduanya – audiovisual. iklan politik berupa baliho yang sekarang kebanyakan dicetak menggunakan digital printing itu, seringkali tak
memenuhi standar estetika apapun. Kadangkala cuma asal tempel, asal mencolok, asal kira-kira dapat dibaca, kebanyakan dipasang oleh politisi berbujet rendah.

Pada saat ini, perkembangan dunia politik sangat pesat dan jauh berbeda dengan politik pada jaman dahulu. Begitu pula dengan perkembangan dunia periklanan jika pada dahulu iklan hanya berbentuk cetak saja dan dipasang dikoran dan majalah. Akan tetapi sekarang perkembangan iklan terus berkembang dan berkembang dibidang politik, musim pemilu telah datang tanda peperangan dimulai (perang iklan politik) terdengar dan nampak di depan mata kita, seluruh media massa (TV, radio, koran,majalah, internet) bahkan di jalan-jalan di tengah kota sampai pelosok Desa yang semestinya rindang oleh indahnya pepohonan kini tertutupi lebarnya baliho iklan politik.

Iklan politik luar ruang saat ini banyak sekali digunakan para tokoh partai maupun para calon anggota legislatif untuk mengenalkan diri mereka dan partainya kepada masyarakat agar pada pemilihan mereka menjadi pilihan masyarakat tersebut. Dari iklan kampanye politik yang muncul sendiri pun tidak terlalu tampak perbedaan pesan yang ingin ditampilkan lewat iklan-iklan tersebut. Isu-isu seperti kemiskinan, pendidikan, kesehatan, dan pertanian, yang selama ini dilihat sebagai isu-isu low politiK, jika tidak terpinggirkan, dan berpotensi memunculkan keterikatan emosi dengan masyarakat, menjadi paket isu yang kerap diangkat dalam iklan-iklan kampanye politik tersebut. Oleh karena isu-isu politik tersebutlah seorang calon anggota legislative dan para tokoh partai mengangkat isu-isu tersebut agar masyarakat terpesona akan janji manis tersebut, sehingga masyarakat tersebut memilih parati tersebut wakil yang bias mewakili diri mereka diparlemen.

2.Rumusan Masalah

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah:

· Mengapa banyak sekali para tokoh partaai politik ( calon anggota dan calon presiden) menggunakan iklan politik luar ruang?

o Bagaimana efek yang diterima bagi caleg ataupun parpol dengan adanya pemasangan iklan politik luar ruang.

3.Tujuan Penelitian

· Mengetahui alasan para CALEG dan tokoh elit partai tentang pemasangan iklan politik dengan media luar ruangan yang mereka gunakan.

· Mendapatkan pengetahuan tentang efek yang diterima partai politik dan efektifitasnya pemasangan iklan politik luar ruangan.

BAB II

KAJIAN PUSTAKA

Pengertian iklan

Iklan merupakan sebuah tindakan mentransfer informasi. Secara fungsional, transfer informasi itu diharapkan agar orang lain (publik) mengetahui pesan atau makna informasi tersebut.

Pengertian Komunikasi Politik

Upaya meyakinkan seseorang, kelompok atau massa untuk mengenal, memahami, meyakinkan plate-form dan agenda partai politik sehingga menjadi pengikut, anggota, aktivis dan kader parpol dimaksud.

Pengertian iklan politik

Tindakan transfer informasi atau pesan tentang politik secara fungsional, yang mana kegiatan transfer informasi politik tersebut diharapkan agar khalayak mengetahui tentang pesan politik yang disampaikan dan dapat berimbas baik kepada tokoh partai atau partai tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

http://iklanpolitik.wordpress.com

http://theindonesianinstitute.com/index.php/20080923269/Iklan-Politik-Simbol-Ketidakpekaan-Elite.html

http://entertainmen.suaramerdeka.com/index.php?id=726)


1 komentar:

Unknown mengatakan...

Tugas Kuliah di copy paste.